Selamat datang dalam seri pembelajaran pemrograman Flutter dasar! Dalam seri ini, kita akan menjelajahi konsep-konsep dasar dalam pengembangan aplikasi Flutter yang akan membantu Anda memulai perjalanan Anda sebagai seorang pengembang Flutter yang kompeten. Mari kita lihat ringkasan konten yang akan kita bahas:
1. Windows Setup dan Hello World:
– Mengatur Flutter di Windows.
– Membuat proyek Flutter pertama dan mencetak “Hello World” di layar.
2. Basic Layout:
– Mempelajari tentang widget Flutter dan struktur layout dasar.
– Menggunakan widget Container, Row, Column, dan lainnya untuk mengatur tata letak.
3. Material Design:
– Memahami prinsip-prinsip desain Material dan bagaimana menerapkannya dalam aplikasi Flutter.
– Menggunakan widget seperti AppBar, Card, dan RaisedButton untuk memberikan tampilan Material Design yang konsisten.
4. Stateful vs. Stateless:
– Memahami perbedaan antara widget stateful dan stateless.
– Menerapkan perubahan keadaan dalam aplikasi Flutter menggunakan setState.
5. Simple App 1: Xylophones Tone:
– Membangun aplikasi sederhana yang memainkan nada-nada xylophone saat widget ditekan.
6. Routes dan Navigasi:
– Membahas tentang rute dan navigasi dalam Flutter.
– Menggunakan Navigator untuk berpindah antara halaman-halaman dalam aplikasi.
7. Simple App 2: BMI App:
– Membangun aplikasi sederhana untuk menghitung Indeks Massa Tubuh (BMI).
– Menggunakan input pengguna untuk menghitung BMI dan memberikan hasil.
8. Simple App 3: Homepage Layout:
– Membangun tata letak beranda yang indah dengan menggunakan widget seperti ListView dan Card.
9. JSON Object:
– Memahami format JSON dan bagaimana mengolah data JSON dalam aplikasi Flutter.
– Menggunakan package http untuk mengambil data dari API dan menampilkannya.
10. Simple App 4: Weather App with API:
– Membangun aplikasi cuaca sederhana yang menggunakan API untuk mendapatkan data cuaca aktual.
– Menampilkan data cuaca menggunakan widget Flutter yang sesuai.
11. Database SQLFlite:
– Menggunakan plugin SQLFlite untuk mengintegrasikan database SQLite ke dalam aplikasi Flutter.
– Menerapkan operasi dasar seperti membuat, membaca, memperbarui, dan menghapus data.
12. Simple App 5: CRUD Produk Kategori:
– Membangun aplikasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) untuk mengelola produk dan kategori mereka.
– Menggunakan SQLite untuk menyimpan dan mengambil data produk dan kategori.
13. Dart Programming: Tipe Data dan Variabel:
– Memahami dasar-dasar bahasa pemrograman Dart, termasuk tipe data dan deklarasi variabel.
14. Dart Programming: Aliran Kontrol dan Fungsi:
– Mempelajari konsep aliran kontrol seperti pernyataan kondisional dan perulangan dalam Dart.
– Membuat fungsi dan memahami cakupan variabel dalam Dart.
15. Dart Programming: Pemrograman Berorientasi Objek:
– Memperdalam pemahaman tentang konsep pemrograman berorientasi objek (OOP) dalam Dart.
– Membuat kelas, objek, dan pewarisan untuk mengorganisasi kode secara modular dan mempermudah pemeliharaan.
– Menggunakan konsep enkapsulasi, pewarisan, dan polimorfisme untuk meningkatkan fleksibilitas dan modularitas kode.
Selama perjalanan pembelajaran ini, Anda akan membangun berbagai aplikasi sederhana dengan topik-topik yang berbeda untuk mengaplikasikan konsep-konsep yang dipelajari. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang Flutter dan Dart, serta keterampilan praktis dalam mengembangkan aplikasi berbasis Flutter.
Mari mulai petualangan belajar kita dan jelajahi dunia pemrograman Flutter dasar bersama-sama!
Salam Belajar IT